Beberapa Manfaat Berbagi dan Berdonasi

Kita pernah mendengah istilah tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Hal ini lah yang mengingatkan kita betapa pentingnya untuk berbagi dengan sesama. Apalagi jika kita tergolong orang yang mampu dengan memiliki kelebihan harta dan sebagainya. berbagi atau yang disebut dengan sedekah bisa dilakukan secara langsung kepada orang yang membutuhkan, bisa juga disalurkan kepada organisasi kemanusiaan, salah satunya ada UNICEF Indonesia yang mengadakan penggalangan dana bagi mereka yang membutuhkan melalui situs donasi online. Di setiap agamapun bersedekah atau berdonasi memang diperintahkan, karena memiliki manfaat yang baik untuk diri kita, diantaranya:

1. Memperkuat iman

Iman merupakan bentuk kepercayaan bahwa kita diciptakan oleh Tuhan sang pencipta. Hal ini bisa kita buktikan dengan cara beribadah sebagai sarana kita untuk mengabdi kepada Tuhan. Bentuk ibadah itu ada banyak, salah satunya dengan bersedekah. Untuk itu bersedekahlah dengan biat ibadah karena Tuhan Yang Maha Esa, maka secara tidak langsung akan memupuk rasa keimanan kita dan menjadi tambah kuat.

2. Meningkatkan rasa empati

Pada umumnya berdonasi merupakan memberikan apa yang kita punya baik itu berupa materi maupun bukan materi pada orang yang membutuhkan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk meringankan beban orang yang kita bantu, sehingga secara tidak langsung kita sudah melatih diri untuk bersikap empati terhadap orang lain.

3. Terhindar dari materialisme

Dengan berdonasi berarti kita sudha berani untuk mengaurangi apa yang kita miliki dem kebaikan orang lain. Hal ini juga sangat baik untuk melatih diri kita untuk tidak menjadi orang yang gila harta. Karena sikap tersebut merupakan nilai materialisme yang akan membuat kita hanya memikirkan kebahagian duniawi saja. Untuk itu kita harus senantiasa berdonasi untuk menghindari nilai materialisme tersebut, baik secara offline maupun online melalui situs donasi online indonesia.

Itulah beberapa manfaat bersedekah bagi diri kita sendiri. Untuk itu mulailah bersedekah dengan hal-hal yang ringan semampu kita. Jika dirasa sudah mampu anda bisa bersedekah melalui organisasi kemanusiaan seperti UNICEF yang sedang mengadakan penggalangan dana untuk orang-orang yang membutuhkan. Dengan begitu sedikitnya kita telah membantu meringankan beban mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *