Inilah Cara Bijak melakukan Investasi Dalam Deposito Dollar

Deposito Dollar adalah salah satu opsi yang bisa Anda pilih bila berminat untuk melakukan investasi mata uang asing. Anda dapat membuka rekening valas (valuta asing) dan mendapatkan keuntungan dari deposito yang Anda buat dalam mata uang tertentu. Dollar Amerika adalah mata uang asing yang kuat secara global dan patut dijadikan deposito.

Ini Adalah Cara Buat Deposito Dollar

Memang investasi dilakukan untuk memperoleh keuntungan. Namun, sebelum dapat meraup profit, terlebih dahulu ketahui bagaimana cara untuk memulainya. Berikut adalah cara bagaimana Anda dapat membuka sebuah deposito dalam Dollar, mendapat keuntungan dan mengurangi resiko.

1. Pahami Istilah Kurs Jual-Beli

Investasi dengan mata uang asing maka harus memahami berbagai istilah yang berkaitan dengan valuta asing. Anda akan memantau pergerakan kurs jual dan kurs beli di bank atau money changer. Kurs jual merupakan nilai yang ditawarkan untuk menjual dollarnya. Kurs beli adalah nilai ditawarkan untuk membeli dollar.

Anda perlu mengetahui harga patokan saat akan menjual dollar atau membeli dollar untuk mendapatkan profit dari selisihnya. Deposito dollar sangat berpedoman dengan nilai dari mata uang Dollar dengan Rupiah. Jadi, ketahuilah berbagai istilah kurs yang berbeda-beda.

2. Beli di tempat resmi

Menyimpan uang dalam bentuk dollar terlebih dahulu harus memilikinya. Berarti Anda membeli Dollar yang kemudian diinvestasikan dalam bentuk deposito dan didukung dengan rekening dalam Dollar juga. Asal dari dollar Anda juga perlu diperhatikan.

harus mendapatkan Dollar dari tempat resmi yang diakui. Waspadai adanya Dollar palsu. Anda sebaiknya membeli Dollar seperti money changer atau bank. Pilih money changer resmi dan digunakan oleh banyak pelanggan.

3. Bandingkan nilai jual

Untuk dapat memperoleh keuntungan dengan investasi deposito dalam Dollar, Anda harus memperhatikan kalau kurs jual – beli Dollar berbeda-beda dari bank satu dan bank lainnya, begitu pula dengan money changer. Anda perlu mencari tempat resmi yang jual dollar dengan harga rendah.

Melakukan perbandingan kurs jual serendah mungkin adalah cara untuk mendapatkan keuntungan dari deposito yang Anda lakukan dengan Dollar. Tapi, perhatikan juga berbagai faktor lainnya seperti kurs beli serta kenyamanan dalam menyimpan uang pada Bank tersebut.

4. Membeli Dollar Secara Reguler

Cara yang sehat untuk berinvestasi dengan deposito Dollar adalah membeli dollar secara reguler. Deposito dapat disimpan dalam tenor tertentu, tapi membelinya secara rutin dalam kurun waktu singkat seperti bulanan atau per dua bulan akan membuat nilai dollar milikmu merata dan tidak perpedoman hanya pada satu harga.

Cara itu bermanfaat dalam mengantisipasi nilai dollar yang bisa naik dan bisa turun secara tiba-tiba. Dengan begitu, Anda juga perlu melakukan analisa pembelian terlebih dahulu dengan berita dunia yang sekiranya bisa mempengaruhi nilai Dollar yang Anda miliki.

5. Tahu Saat Tepat untuk Membeli dan Menjual

Cara melakukan investasi deposito yang benar dalam Dollar adalah menjualnya saat saat kurs beli sedang tinggi. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan mempertimbangkan selisih kurs jual yang di atas kurs Dollar saat membelinya.

Anda perlu memperkirakan waktu yang pas untuk melepas Dollar yang Anda miliki jika kurs jual sudah memenuhi target tertentu. Jadi, ketika akan menjual Anda tentu menunggu sampai kenaikan tertentu. Umumnya Anda dapat menunggu sampai 5 - 7 persen walau tentu target tersebut bisa relatif sesuai pertimbangan.

6. Miliki Tabungan dan Deposito Dollar

Keuntungan dari deposito Dollar selain dari menjual dan membeli Dollar dan dari selisihnya bisa juga dari bunga dari deposito dalam Dollar. Ada banyak bank besar di Indonesia yang menyediakan pilihan tabungan dan deposito dollar. Bunga deposito Dollar lebih besar daripada tabungan dollar.

Bunga deposito dalam dollar lebih besar bila disimpan dalam waktu yang lebih lama. Setiap bank memiliki peraturan berbeda-beda mengenai suku bunga dan besarannya. Jadi, perhatikan tiap suku bunga yang ditawarkan setiap bank. Keuntungan tambahan dari dollar di deposito adalah kala nilai dollar sedang menguat dan ada tambahan dari bunga plus capital gain.

Membuka Deposito Dollar Dengan digibank by DBS

Aplikasi digibank by DBS memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berinvestasi valas dengan mudah. Beberapa kelebihan dari membuka deposito dalam Dollar dengan digibank adalah mencangkup beberapa hal berikut ini.

  • Mengakomodir 10 mata uang asing. USD, SGD, AUD, NZD, EUR, GBP, JPY, HKD, CAD, dan CHF untuk dipilih sebagai investasi. Anda dapat membuka deposito dollar dan membuka rekening dollar untuk mulai berinvestasi dengan mata uang ini.
  • Layanan 24 Jam. Pembukaan rekening sampai pemantauan investasi Anda dapat dilakukan 24 jam dengan mengakses digibank by DBS melalui smartphone Anda.
  • Bisa Mulai Dengan Modal Minim. Mulailah investasi valas dengan modal mulai 100 Dollar Dengan nilai kompetitif, Anda dapat mulai berinvestasi dengan mudah.
  • Durasi Tenor. Anda bisa mendapatkan beberapa pilihan tenor mulai 6 sampai 12 bulan.

Ada banyak manfaat dari membuka deposito dengan dollar yang nasabah dapat rasakan, caranya mudah dan resiko gagalnya kecil. Buka deposito dalam Dollar sekarang juga dengan digibank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *