Cara Membersihkan Tempat Cuci Piring Mengkilap Seperti Baru

Tempat cuci piring adalah salah satu peralatan rumah tangga yang kehadirannya menjadi kewajiban di dapur. Fungsinya tentu saja untuk mencuci piring kotor serta alat makan dan alat masak lainnya sehingga menjadi bersih kembali.

Dibalik fungsi tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa seringkali kebersihan tempat cuci piring menjadi hal yang terlewatkan. Padahal kondisi tempat cuci piring yang kotor bisa menjadi sarang kuman, karena itulah anda perlu belajar bagaimana cara membersihkan tempat cuci piring agar mengkilap berikut ini:

1. Tepung Terigu

Tepung terigu ternyata tidak hanya berfungsi sebagai bahan pembuat kue saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih tempat cucian piring. Caranya sangat mudah, yaitu setelah anda selesai cuci piring, bersihkan sisa sabun dan kotoran pada tempat cucian.

Kemudian siram dengan air bersih, tutup saluran air bak cuci piring, dan tuangkan tepung terigu ke seluruh permukaan bak cuci piring. Gosok permukaan yang sudah diberi tepung tadi dengan lap, lalu buka tutup saluran air dan bersihkan sisa tepung terigu yang menempel dengan air bersih.

2. Baking Soda dan Perasan Lemon

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyiram seluruh permukaan bak cuci piring dengan air panas, dan tunggu sebentar hingga mongering. Taburkan baking soda ke seluruh permukaan bak, tunggu hingga baking soda sedikit menggumpal.

Lalu mulai bersihkan dengan cara menggosok bagian yang berkerak dengan bantuan sikat gigi atau alat lainnya. Jika sudah selesai, bersihkan dengan air ersih yang sudah dicampurkan dengan perasan lemon yang berfungsi sebagai penghilang bau pada tempat cuci piring.

3. Cuka Putih dan Pasta Gigi

Membersihkan noda membandel pada tempat cuci piring bisa menggunakan cuka putih dan pasta gigi loh. Cuka putih adalah bahan disinfektan alami yang bisa anda gunakan untuk mengangkat noda membandel yang menempel pada bak cuci piring.

Setelah membersihkan tempatnya menggunakan cuka putih, sempurnakan dengan membersihkannya dengan pasta gigi. Oleskan pasta gigi pada permukaan yang terkena noda, kemudian gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi atau spons cuci piring. Lalu bilas hingga bersih dan keringkan menggunakan lab yang bersih.

4. Baking Soda dan Kentang

Jika kondisi tempat cuci piring sudah terlalu kotor dan bahkan berkarat, maka anda bisa gunakan baking soda dan kentang. Caranya adalah dengan membersihkan tempat cuci piring dengan baking soda terlebih dahulu.

Kemudian gosok permukaan dengan potongan kentang, terakhir bersihkan permukaan tempat cuci piring dengan air bersih.

Itulah beberapa cara membersihkan tempat cuci piring menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar anda. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihkan bak cuci piring agar tidak menjadi sarang kuman penyebab penyakit ya, terimakasih dan salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *