Cari Tau Penyebab Kulkas Tidak Dingin Ini, Yuk!

Hampir seluruh rumah tangga memiliki alat elektronik paling bermanfaat bagi para ibu di dunia ini. Jika kulkas bermasalah, maka makanan dan minuman yang Anda miliki bisa saja menjadi lebih cepat basi. Ketahui penyebab kulkas tidak dingin supaya Anda bisa melakukan langkah perbaikan sejak awal.

5 penyebab kulkas tidak dingin yang harus Anda ketahui

Semua perangkat elektronik memiliki umur pemakaian sehingga ada risiko degenerasi kemampuan seiring waktu. Jika kulkas Anda tergolong baru tetapi mengalami masalah penurunan suhu, sebaiknya Anda segera mencari penyebab kulkas tidak dingin antara lain :

1. Kembang es yang tidak dibersihkan secara rutin

Kembang es terbentuk karena angin di dalam kulkas tidak bisa bersirkulasi dengan baik. Kipas angin dalam kulkas tidak bisa berfungsi dengan baik yang mengakibatkan terbentuknya kembang es. Sebaiknya Anda rutin membersihkan kembang es dari freezer, biarkan mencair dan lap bagian dalam kulkas dengan kain bersih.

2. Kerusakan kompresor dan pintu karet kulkas

Kerusakan kompresor kulkas dan pintu karet yang sering dibuka atau tutup menyebabkan suhu di dalam kulkas mengalami masalah. Perlu penggantian komponen yang rusak agar kulkas bisa berfungsi normal kembali.

3. Kebocoran freon

Freon di bagian belakang terasa panas sejak disentuh dan bila bocor akan mengakibatkan kulkas mengalami penurunan suhu. Perbaikan freon dengan menutup memakai lem khusus efektif membuat kulkas kembali dingin atau isi ulang freon jika sudah habis.

4. Tidak adanya aliran listrik yang baik

Kemungkinan penyebab kulkas di rumah Anda tidak dingin sebab tidak adanya aliran listrik yang baik. Stop kontak yang bermasalah merupakan penyebab utama yang harus Anda ketahui, ya!

5. Kesalahan pemeliharaan

Membiarkan kulkas terbuka dalam waktu lama, meletakkan makanan atau minuman panas di dalam kulkas dan membiarkan benda panas di dekat kulkas bisa sebabkan masalah penurunan suhu ini.

Yuk, ketahui penyebab kulkas tidak dingin agar Anda bisa mengatasi segala permasalahan tanpa harus menggunakan jasa teknisi! Jika ada komponen yang rusak, Anda bisa membeli komponen cadangan atau menghubungi teknisi yang profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *