Gunakan Cara Ini Untuk Cegah Gigitan Nyamuk Demam Berdarah di Rumah

Genangan air, tumpukan sampah hingga area yang kotor dan lembab menjadi beberapa sara bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembangan biak. Ya, nyamuk dengan warna khas loreng hitam dan putih ini merupakan penyebab penyakit demam berdarah.

Nyamuk ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain karena memang kerap muncul saat musim penghujan, nyamuk ini juga kerap ditemukan pada pagi dan sore hari hari. Berbeda dengan nyamuk pada umumnya yang keluar di malam hari untuk mencari makan. DBD merupakan salah satu jenis penyakit yang rentan menyerang manusia di musim penghujan seperti sekarang ini.

Jentik nyamuk aedes aegypti menyukai air yang cenderung bersih, oleh sebab itu nyamuk ini lebih banyak hidup dan berkembang pada saat ada banyak genangan air saat musim penghujan tiba. Namun agak berbeda dibandingkan dengan nyamuk pada umumnya, nyamuk penyebab DBD ini tidak hidup di genangan air kotor, melainkan hidup pada genangan air bersih, sehingga harus diwaspadai.

Beragam upaya dapat kita lakukan sebagai langkah pencegahan agar tidak sampai terserang penyakit mematikan tersebut. Mulai dari gerakan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) barang-barang yang berpotensi menghasilkan genangan sebagai tempat bertelur nyamuk, fogging (penyemprotan) hingga menggunakan lotion anti nyamuk di pagi hari atau sore hari untuk menghindari gigitan nyamuk, terutama anak-anak.

Pada dasarnya anak-anak memang menjadi kalangan yang paling rentan untuk terserang DBD, karena mereka suka bermain di luar ditambah lagi kesadaran akan serangan nyamuk semacam ini juga masih kurang. Sehingga para orang tua yang harus lebih memperhatikan buah hati mereka. lotion anti nyamuk ini adalah pilihan yang tepat karena mudah digunakan, serta dapat melindungi cukup lama tanpa harus apply ulang.

Berikut ini diantaranya tips memakai lotion anti nyamuk yang benar pada buah hati untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah atau DBD, yaitu:

1. Jika ingin menggunakannya di siang hari,

Maka pastikan untuk memakai tabir surya terlebih dahulu, sebelum bermain di luar ruangan maka hendaknya kulit buah hati harus dilindungi dulu dengan memakai tabir surya, penting agar nantinya tidak terkena bahaya dari sinar UV yang dapat merusak kulit, setelah tabir surya sudah meresap kemudian baru aplikasikan lotion anti nyamuk tersebut ke kulit yang ingin dilindungi.

2. Oleskan tipis namun secara merata,

Jangan berlebihan di dalam mengoleskannya, apalagi untuk anak-anak, sebaiknya hanya gunakan sedikit saja namun secara merata ke bagian yang terbuka dan butuh dilindungi dari gigitan nyamuk. Jika digunakan secara berlebih justru kurang begitu baik untuk kulit buah hati dirumah.

3. Hindari pada bagian kulit yang terluka atau selaput lendir,

Selain itu sebaiknya hindari juga mengoleskan lotion ini ke area kulit yang sedang luka, karena akan menyebabkan terjadinya iritasi dan sulit sembuh. Begitu juga untuk selaput lendir seperti halnya mulut ataupun mata juga tidak boleh sampai terkena lotion.

4. Sebaiknya pakai pada ruangan yang berventilasi baik,

Artinya ruangan tersebut memang memiliki bagian bukaan yang bagus, sehingga nantinya aliran udara juga dapat secara mudah keluar masuk dari sana.

5. Tidak perlu dipakai di bawah pakaian,

Lotion ini melindungi kulit Ada dari gigitan nyamuk namun sebaiknya tidak perlu digunakan juga di bawah pakaian, apalagi area tersebut sebenarnya juga tidak akan terkena oleh gigitan nyamuk, jadi hanya pakai di bagian yang terluka saja, jadi Anda juga tidak boros.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.