Kapan Menggunakan Dateline atau Deadline?

Seringkali ada yang masih bingung dalam penggunaan dateline dan deadline. Jadi kapan penggunaan dateline atau deadline? Keduanya memang digunakan untuk penggunaan tanggal namun memiliki makna yang berbeda. Untuk membantu anda, berikut akan dibahas mengenai pengertian dan juga perbedaan deadline dan dateline.

Pengertian & Perbedaan Deadline dan Dateline

Deadline adalah “tenggat waktu” atau “batas waktu”.

  • Dead = mati, maksudnya tidak berlaku lagi.
  • Line = baris atau garis, maksudnya garis batas, batas waktu.

Dateline adalah “baris tanggal”.

  • Date = tanggal.
  • Line = baris atau garis, maksudnya garis batas, batas waktu.

Dari pengertian secara bahasa terlihat jelas pengertian & perbedaan istilah deadline dan dateline.

Pengertian Dateline

Dateline atau deadline memiliki pengertian yang berbeda. Dateline adalah informasi berupa tanggal dan tempat terjadinya kejadian atau tempat penulisan (garis yang mencantumkan tanggal dan lokasi) yang ditunjukkan di awal artikel berita.

Dalam berita media online, dateline dibagi menjadi "dateline" (baris tanggal) dan "placeline" (baris tempat). Oleh karena itu, dateline merupakan bagian dari elemen atau komponen dalam struktur skrip berita.

Pengertian Deadline

Deadline mengacu pada "batas waktu" (tenggat waktu) yang biasanya digunakan untuk tanggal batas membayar hutang atau menyelesaikan pekerjaan. Deadline juga berarti "boundary line" atau garis batas di penjara di mana hanya narapidana yang bisa lewat dan ada risiko penembakan Untuk konteks jurnalistik, deadline adalah batas waktu atau tenggat waktu bagi wartawan untuk menyampaikan artikel berita.

Setiap organisasi pemberitaan seperti media cetak dan media elektronik, telah menetapkan batas waktu bagi reporter / jurnalis untuk menyelesaikan pekerjaannya dalam jangka waktu tertentu sesuai deadline. Pekerja tersebut harus menyelesaikan pekerjaannya sebelum batas waktu, misalnya pukul 00.00 untuk media cetak.

Inilah pengertian dan perbedaan dari deadline dan dateline. Dengan memahami pengertian ini maka diharapkan anda bisa lebih memahami kapan penggunaan dateline atau deadline. Jangan sampai salah penggunaan agar tidak membuat orang yang membacanya bingung. Anda bisa mencari dan membaca contoh-contoh tentang penggunaan dateline dan deadline agar bisa lebih memahami penggunaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *