Berbagai Macam Jenis Label Kaos yang Umum Digunakan

Label kaos adalah salah satu produk yang mungkin Anda sudah tahu karena biasanya selalu ada di bagian dalam belakang leher kaos. Label ini bahkan sangat diburu oleh para produsen fashion karena sangat penting untuk branding mereka dan juga agar lebih dipercaya konsumen.

Penjualan kaos yang memiliki label biasanya lebih baik karena bisa berhasil mendapatkan kepercayaan konsumen. Ada banyak macam label pada pakaian yang jika Anda lihat secara seksama memiliki karakteristik yang berbeda.

Jenis-jenis Label Kaos

Sesuai dengan kebutuhan pemasaran dan produk, jenis label yang digunakan sebagai media promosi atau informasi pada pakaian dan aksesoris fashion seperti tas dan sepatu dapat dibedakan  menjadi dua jenis yaitu label permanen dan label sementara.

1. Label Permanen

Label permanen adalah jenis label yang umumnya ditempelkan pada produk seperti pakaian dan produk tertentu. Label pakaian permanen biasanya terbuat dari bahan satin, nilon, atau woven. Label permanen ini biasanya digunakan sebagai label merek dan label wash care.

2. Label Merk

Sebagian besar label merek menyertakan informasi tambahan tentang nama produk. Manfaat dari label merek produsen membentuk dasar untuk identifikasi produk, membedakan harga produk, mencegah peniruan produk, meningkatkan branding atau mutu produk, dan juga memudahkan pelanggan untuk menemukan produk tersebut dan membedakannya dengan merek lain.

3. Label Wash Care

Setiap label kaos wash care minimal memiliki 5 simbol yang terdiri dari pencucian (washing), pemutihan (bleaching), pengeringan (drying), penyetrikaan (ironing), dan pembersihan kering (dry cleaning). Simbol untuk washing biasanya berupa wadah berisi air dengan pelengkap di dalam wadah seperti tanda garis, titik, tangan, dan silang serta terkadang juga ada keterangan suhu.

Untuk simbol bleacing yaitu digambarkan dengan bentuk segitiga dengan simbol pelengkap yaitu silang dan garis. Untuk simbol drying memiliki 2 simbol yaitu simbol kotak dengan lingkaran di dalamnya artinya pengeringan bisa menggunakan mesin cuci sedangkan simbol kotak artinya pengeringan sebaiknya dijemur dan menghindari mesin cuci.

Untuk simbol ironing memiliki tambahan simbol pelengkap yaitu tanda silang, titik, dan 2 garis dengan tanda silang pada bagian bawah. Simbol dry cleaning yaitu terdiri dari lingkaran bulat dengan simbol huruf tambahan yaitu a, p, f, w, atau tanda silang.

4. Label Temporary

Label temporary adalah jenis tag yang umum digunakan selain informasi yang terkandung dalam label permanen. Jenis tag yang cocok dengan jenis tag sementara biasanya memiliki kategori hang tag dan stiker.

5. Label Stiker

Label pakaian yang menggunakan stiker sering digunakan sebagai pengganti label hang tag. Label stiker biasanya sering digunakan pada produk sepatu atau pakaian anak-anak.

6. Hang Tag

Hang tag termasuk salah satu label yang menggunakan bahan kertas, akrilik, atau mka yang biasanya digantung pada produk dan bisa dilepas. Informasi yang ada pada hang tag biasanya berupa harga, merek produk, dan barcode.  Pemasangan hang tag sangatlah mudah hanya perlu menggunakann tali atau loop pin yang dikaitkan pada permanen tag atau salah satu bagian baju.

Penggunaan hang tag biasanya digunakan sebagai media promosi yang efektif apalagi harganya juga lebih terjangkau dibandingkan tag permanen. Hang tag juga bisa digunakan sebagai media branding atau memperkuat merek dagang. Hang tag juga bisa digunakan untuk membedakan produk palsu dan asli. Bagi konsumen, label kaos ini memudahkan siapa saja memperoleh informasi penting tentang produk yang ingin dibeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *