Mengapa Investasi Emas Mini Dianggap Berisiko ?

Investasi emas hingga saat ini memang dianggap sebagai salah satu jenis investasi yang menarik. Hal itu dikarenakan nilai return dari investasi emas dianggap lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti saham dan deposito. Selain itu nilai emas juga tidak terpengaruh oleh inflasi membuat orang tertarik untuk meninvestasikan uangnya kedalam bentuk emas.

Banyak orang tertarik untuk mulai melakukan investasi emas tetapi karena harga beli emas yang cukup tinggi membuat sebagian orang berfikir ulang untuk melakukan investasi ini. Selain itu harga nilai emas yang kenaikannya membutuhkan waktu yang cukup lama pun menjadi salah satu pertimbangannya.

Saat ini terdapat solusi berupa adanya investasi mini gold atau emas mini yang dianggap bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin memulai investasi emas tetapi belum memiliki modal yang cukup besar.

Pasalnya investasi emas mini ini bisa dimiliki oleh siapapun dengan mulai membeli emas dengan berat mulai dari 0,05 gram saja anda sudah bisa memiliki emas anda sendiri. Berbeda halnya dengan emas dipasaran pada umumnya yang bisa dibeli mulai dari berat 1 gram yang dimana harganya bisa mencapai kisaran 800 ribu bahkan lebih tergantung jumlah karat pada emas.

Hanya saja terkadang banyak orang yang tergiur untuk mulai berinvestasi emas dengan membeli emas mini ini. Padahal jika dihitung secara keseluruhan harga yang dikeluarkan untuk sebuah emas jadi jauh lebih mahal jika membeli emas mini dibanding dengan membeli emas perhiasan ataupun emas batangan.

Selain karena perbandingan harga yang cukup siginifikan antara membeli emas mini dengan emas biasanya. Biasanya orang yang memiliki emas mini cenderung lebih sering menjual kemabli emas tersebut dalam jangka waktu yang belum terlalu lama, hal tersebut membuat nilai jual emas belum mengalami penambahan.

Salah satu kemudahan yang terkadang bisa menjadi kerugian dari membeli emas mini ini adalah, biasanya emas mini bisa dibeli dengan mudah lewat aplikasi. Begitu juga dengan menjualnya anda bisa dengan mudah menjualnya lewat aplikasi. Hal tersebut membuat terkadang sebagian orang membeli dan menjual dalam jangka waktu cepat padahal harga emas belum mengalami kenaikan siginifikan.

Ada baiknya jika anda ingin melakukan investasi emas, lebih baik anda berinvestasi kedalam bentuk perhiasan emas ataupun emas batangan karena nilainya yang cenderung lebih bisa mengalami peningkatan dan juga bentuk fisiknya yang nyata.

Selain itu kandungan emas yang terdapat pada emas perhiasan dan juga emas batang bisa mencapai 99 % dengan karat sebesar 22 karat. Tentunya denga kualitas emas sebaik itu maka harga jual emas pun kelak akan lebih besar.

Saran untuk anda yang ingin melakukan investasi emas, sebaiknya gunakanlah dana yang bukan dana pokok untuk membeli emas, sebab investasi emas ini termasuk kedalam investasi jangka panjang yang hasilnya tidak bisa dirasakan dalam jangka waktu pendek.

Jika anda sudah terlanjur memulai investasi emas mini maka anda bisa tetap meneruskannya dengan catatan anda harus konsisten menambah tabungan investasi emas anda dan juga tidak mudah menjual emas dalam jangka waktu yang singkat. Sebab modal awal yang anda keluarkan jauh lebih besar.

Berinvestasilah sesuai dengan kapasitas anda saat ini, bila pada saatnya modal untuk anda melakuka investasi sudah mencukupi maka anda bisa memulai investasi emas yang lebih meyakinkan seperti investasi emas batangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *